Asupan Gizi Atlet Sepakbola Diklat Kabupaten Pasaman Barat

  • M. Fakhri F Universitas Negeri Padang
  • Wilda Welis Universitas Negeri Padang
Keywords: Konsumsi Cairan, Volume Oksigen Maksimal (Vo2maks).

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya prestasi atlet diklat Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui asupan gizi pada atlet diklat Kabupaten Pasaman Barat.  Jenis penelitian ini penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 di lapangan Diklat Kabupaten Pasaman Barat. Ppopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet sepakbola diklat kabupaten pasaman barat yang berjumlah 22 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 orang atlet. Instrument dalam penelitian ini adalah dengan pengukuran berat badan dan mengukur asupan gizi dengan metode food recall. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) status gizi atlet Diklat Kabupaten Pasaman Barat berada dalam kategori normal. 2) asupan gizinya didapatkan bahwa kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh para atlet rata2 ditambahkan 500 kal untuk masing-masingnya agar terpenuhi kebutuhan energinya. 3) zat gizi makro para atlet diketahui bahwa asupan zat gizi makro yang banyak tercukupi yaitu karbohidrat, sedangkan untuk protein lebih dari setengah jumlah sampel tidak mencukupi dari AKG. Untuk asupan lemak didapatkan secara keseluruhan sampel kurang dari AKG.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
F, M. F., & Welis, W. (2021). Asupan Gizi Atlet Sepakbola Diklat Kabupaten Pasaman Barat. JURNAL STAMINA, 4(12), 554-565. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/985

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.