Pengaruh Latihan Depth Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bolabasket Putra

  • Rion Hidayat Universitas Negeri Padang
  • Apri Agus Universitas Negeri Padang
Keywords: Latihan Depth Jump, Daya Ledak Otot Tungkai.

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya daya ledak otot tungkai pemain bolabasket putra SMA Negeri 1 KecamatanSuliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. Dibuktikan pada statistik rebound yang kalah pada saat pertandingan. Tujuan penelitian iniuntukmengetahui pengaruh latihan depth jump sebagai variabel bebas terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai sebagi variabel terikat. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini seluruh pemain bolabasket putra SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 33 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Tempat penelitian adalah lapangan bolabasket SMA Negeri 1 KecamatanSuliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. Data daya ledak otot tungkai pada penelitian ini diambil menggunakan tes vertical jump. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus t-test yang berhubungan dengan taraf signifikan 5 %.Hasil analisis data pre test kategori 3 orang yang memiliki daya ledak otot tungkai pada kategori sedang dengan persentase 18,75 %, 8 orang memiliki daya ledak otot tungkai yang cukup dengan persentase 50 %, 4 orang memiliki daya ledak otot tungkai yang baik dengan persentase 25%, dan 1 orang memiliki daya ledak otot tungkai yang dengan persentase 6,25%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan depth jump terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bolabasket putra SMA Negeri 1 KecamatanSuliki, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-30
How to Cite
Hidayat, R., & Agus, A. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bolabasket Putra. JURNAL STAMINA, 4(11), 482-488. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/962

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.