Pengaruh Latihan Split Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Atlet Karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang

  • rio prima universitas negeri padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: Split Jump, Daya Ledak Otot Tungkai, Karate

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah, yaitu rendahnya kemampuan tendangan atlet karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan split jump terhadap daya ledah otot tungkai atlet karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang.

            Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang yang berjumlah 30 orang dimana 22 orang atlet putra dan 8 orang atlet putri dan sampel diambil berdasarkan Purposive Sampling sebanyak 10 orang atlet putra dan putri dengan menggunakan test standing broad jump . Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-test denagan taraf signifikan 0,05.

            Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini di perolehan rata-rata (2,01) menjadi (2,20) untuk putra dan (1,81) menjadi (2,05) untuk putri, artinya penerapan bentuk latihan split jump dapat meningkatkan daya ledak otot tungkai ditandai dengan diperoleh t hitung (11,39) > t tabel (2.13) untuk putra dan t hitung (16,56) > t tabel (2.13)  , artinya penerapan bentuk latihan split jump dapat meningkatkan daya ledak otot tungkai atlet karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang, dimana menunjukan hasil yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
prima, rio, & Rifki, M. (2019). Pengaruh Latihan Split Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Atlet Karate Dojo PDAM Kota Padang Panjang. JURNAL STAMINA, 2(3), 205-217. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/99

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.