Pengaruh Weight Training Dan Total Body Weight Resistance Exercise Terhadap Ketebalan Lemak Superficial Punggung

  • Yosua Nduru Universitas Negeri Padang
  • Windo Wiria Dinata Universitas Negeri Padang
Keywords: weight training dan total body weight resistance exercise, lemak superficial, punggung.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah ketidak seimbangan bentuk otot punggung (muscle imbalance) yang membuat porporsi otot tidak seimbang dengan otot lainnya pada member Jaguar Gym Padang. Tujuan penelitian ini melihat pengaruh latihan weight training dan TRX terhadap ketebalan lemak superficial punggung pada member pria Jaguar Gym Padang. Penelitian ini adalah experiment semu, populasi dalam penelitian ini berjumlah 202 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan jumlah sampel 20 orang yang dibagi menggunakan teknik ordinal pairing menjadi kelompok weight training 10 orang danĀ  total body weight resistance exercise 10 orang. Untuk mendapatkan data ketebalan lemak punggung penelitian menggunakan tes skinfold calipers. Data di uji dengan taraf signifikan a= 0,05 dan n = 10, dengan pengambilan keputusan apabila Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, apabila nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil pengolahan data weight trainingĀ  adalah Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. Hasil pengolahan data total body weight resistance exercise adalah Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh weight training dan total body weight resistance exercise terhadap ketebalan lemak superficial punggung pada member pria Jaguar Gym Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-29
How to Cite
Nduru, Y., & Dinata, W. (2021). Pengaruh Weight Training Dan Total Body Weight Resistance Exercise Terhadap Ketebalan Lemak Superficial Punggung. JURNAL STAMINA, 4(10), 469-476. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/960

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.