Profil Tingkat Kemampuan Motorik Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik

  • Areski Areski Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Motorik, Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik.

Abstract

Belum didapati kualitas keterampilan motorik peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang menjadi latar belakang dilakukanya penelitian. Tujuan dari pengkajian ini adalah untuk melihat kemampuan motorik peserta didik putra dan putri serta melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Dalam pengkajian ini Sampel berjumlah 67 orang yang terdiri dari siswa laki-laki sejumlah 42 orang dan jumlah siswa perempuan 25 orang. Teknik pengambilan data menggunakan 4 tes (tes lempar bola basket, tes lari cepat 4 detik, passing bola kedinding, lompat jauh tampa awalan) dan juga menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan motorik di SD Negeri 21 Koto Gadang secara keseluruhan dari 67 siswa yang tercatat pada kategori sangat baik sejumlah 5 orang siswa, 18 orang tercatat golongan baik, 24 orang golongan cukup, 16 orang dengan golongan kurang, dan 4 orang dengan golongan sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang sebagaian besar berada pada kategori Cukup. Faktor-faktor yang menyebabkan kemampuan motorik siswa di SD Negeri 21 koto gadang terdapat pada golongan cukup yaitu disebabkan aktifitas yang dilakukan anak sehari-hari, kurangnya aktifitas olahraga yang dilakukan anak, kurangnya status gizi pada anak pada pola makan yang sehat dan teratur serta perhatian orangtua terhadap anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-29
How to Cite
Areski, A., & Komaini, A. (2021). Profil Tingkat Kemampuan Motorik Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik. JURNAL STAMINA, 4(10), 435-444. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/957

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.