Pengaruh Senam Otak Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Mdta Al-Irsyad

  • Fitra Haikal Joshi Universitas Negeri Padang
  • Pudia M Indika Universitas Negeri Padang
Keywords: Senam Otak, Memori Jangka Pendek, Anak.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya stress akademik pada anak yang disebabkan oleh banyak mata pelajaran yang harus dipelajari oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan senam otak terhadap peningkatan memori jangka pendek anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam Pada Masa New Normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam yang berjumlah 129 orang anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang anak. Instrument dalam penelitiani ini adalah dengan menggunakan Tes Digit Span merupakan merupakan bagian dari skala intelegensi Wechsler untuk anak (Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised, WISC-R). teknik analisis data menggunakan analisis statistic uji t. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh senam otak terhadap peningkatan kemampuan memori jangka pendek Anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam Pada Masa New  Normal secara signifikan terlihat dari hasil hasil analisis statistik uji beda mean atau uji t.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-29
How to Cite
Joshi, F., & Indika, P. (2021). Pengaruh Senam Otak Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Mdta Al-Irsyad. JURNAL STAMINA, 4(10), 426-434. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/956

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.