Tampilan Anak Tunagrahita Dalam Berolahraga di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok

  • efni safitri Mahasiswa
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang
Keywords: Tunagrahita, Berolahraga, Sekolah Luar Biasa

Abstract

ABSTRAK

Jenis penelitian ini deskriptif bertujuan untuk menggambarkan tentang Karakteristik Anak Tunagrahita Dalam Berolahraga di   Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok.

            Populasi dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok yang akan di lihat karakter dalam berolahraga yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam  penelitian diambil menggunakan teknik total sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi secara langsung menggunakan lembar observasi dalam bentuk pertanyaan dengan teknik analisis data berupa statistic deskriptif.

            Hasil analisis data menggambarkan bahwa : (1) indikator tempat sub indikator menguasai ruang terhadap karakteristik anak dalam berolahraga dapat dikatakan kurang baik, dengan skor 30 pada tingkat 55,53%, (2) indikator alat sub indikator jenis dan ukuran terhadap karakteristik anak dalam berolahraga dapat di kategorikan baik, dengan skor 31 pada tingkat 86,11%, (3) ) indikator interaksi  sub indikator guru dan teman terhadap karakteristik anak dalam berolahraga dapat di kategorikan kurang baik, dengan skor 45 pada tingkat 50,02%, (4) ) indikator gerakan sub indikator tidak dibatasi, kecepatan, kekuatan, lambat, terkontrol, tidak terkontrol terhadap karakteristik anak dalam berolahraga dapat di kategorikan kurang baik, dengan skor 84 pada tingkat 46,67%.

 

Kata Kunci: karakteristik dan anak tunagrahita dalam berolahraga

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
safitri, efni, & Badri, H. (2019). Tampilan Anak Tunagrahita Dalam Berolahraga di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. JURNAL STAMINA, 2(3), 391-396. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/93

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.