Pengaruh Latihan Daya Ledak Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak

  • Yayuk Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Didin Tohidin Universitas Negeri Padang
Keywords: Daya Ledak, Kelincahan, Tendangan Sabit.

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan tendangan sabit Atlet Pencak Silat Rajawali Kabupaten Dharmasraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh daya ledak dan kelincahan terhadap kemampuan tendangan sabit atlet Pencak Silat Rajawali Kabupaten Dharmasraya.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel Purposive samping. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 orang, terdiri dari 5 orang Putra dan 10 orang Putri. Instrument dalam penelitian ini adalah tes tendangan sabit pencak silat rajawali kabupaten dharmasraya.teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara daya ledak dengan kemampuan tendangan sabit atlet pencak silat Putra, didapat thit = 2,72> ttab = 2,13 dengan α = 0,05. Terdapat pengaruh antara daya ledak dengan kemampuan tendangan sabit atlet silat putri diperoleh thit = 3,45> ttab = 1,83 dengan α = 0,05. Seterusnya terdapat pengaruh yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan tendangan sabit atlet silat putra diperoleh thit = 2,93> ttab = 2,13 dengan α = 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan tendangan sabit atlet silat putri memperoleh thit = 4,06> ttab = 1,83 dengan α = 0,05. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Wulandari, Y., & Tohidin, D. (2021). Pengaruh Latihan Daya Ledak Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak. JURNAL STAMINA, 4(9), 416-425. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/920

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.