KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

  • Rani Azizcha Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Motorik, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Belum diketahuinya kemampuan motorik siswa Sekolah dasar di kota Pariaman dan apa saja faktor- faktor yang mempengaruhinya sehingga kemampuan motorik siswa  masih rendah merupakan latar belakang masalah untuk dilakukannya penelitian.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman.Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman dan tiap kecamatan  di kota pariaman diwakili oleh satu sekolah  yang berjumlah 571 orang siswa. Penarikan sampel mengunakan teknik  purposive ramdom sampling, yaitu menetapkan siswa kelas V sebagai sampel, yang berjumlah 93 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes lempar bola basket, lari cepat 4 detik, passing bola kedinding, dan lompat jauh tanpa awalan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase.Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut kemampuan motorik dari 93 orang siswa , sebanyak 11 orang  siswa kategori baik sekali, 8 orang  siswa kategori baik, 19 orang siswa kategori sedang, 34 orang siswa kategori kurang, 20 orang siswa kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman masih berada dalam kategori kurang. Serta kemampuan motorik  sebagian besar siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman  dalam kategori kurang dipengaruhi oleh faktor-faktor diantaranya kebugaran jasmani, status gizi serta aktivitas bermain yang masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-23
How to Cite
Azizcha, R., & Komaini, A. (2019). KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. JURNAL STAMINA, 2(3), 53-61. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/92

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.