KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Abstract
Belum diketahuinya kemampuan motorik siswa Sekolah dasar di kota Pariaman dan apa saja faktor- faktor yang mempengaruhinya sehingga kemampuan motorik siswa masih rendah merupakan latar belakang masalah untuk dilakukannya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman.Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman dan tiap kecamatan di kota pariaman diwakili oleh satu sekolah yang berjumlah 571 orang siswa. Penarikan sampel mengunakan teknik purposive ramdom sampling, yaitu menetapkan siswa kelas V sebagai sampel, yang berjumlah 93 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes lempar bola basket, lari cepat 4 detik, passing bola kedinding, dan lompat jauh tanpa awalan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase.Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut kemampuan motorik dari 93 orang siswa , sebanyak 11 orang siswa kategori baik sekali, 8 orang siswa kategori baik, 19 orang siswa kategori sedang, 34 orang siswa kategori kurang, 20 orang siswa kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman masih berada dalam kategori kurang. Serta kemampuan motorik sebagian besar siswa Sekolah Dasar di Kota Pariaman dalam kategori kurang dipengaruhi oleh faktor-faktor diantaranya kebugaran jasmani, status gizi serta aktivitas bermain yang masih rendah.
Downloads
Copyright (c) 2019 Rani Azizcha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.