TINJAUAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PEMAIN SENTRAL SEPAKBOLA SEKOLAH DASAR KOTA SOLOK

  • debi yandri FIK UNP
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang
  • Didin Tohidin Universitas Negeri Padang
Keywords: Keterampilan, Teknik Dasar, Sepakbola

Abstract

Abstrak :    Masalah dalam penelitian ini adalah belum baiknya prestasi sepakbola pemain Sentral Sekolah Sepakbola Sekolah Dasar Kota Solok, di duga disebabkan oleh belum baiknya keterampilan teknik dasar sepakbola pemain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan teknik dasar sepakbola pemain Sentral Sepakbola Sekolah Dasar Kota Solok, yang meliputi teknik passing, teknik dribbling dan teknik shooting.Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Sentral Sepakbola Sekolah Dasar Kota Solok yang berjumlah 22 orang pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 22 orang pemain. Untuk memperoleh data dilakukan tes terhadap kemampuan teknik passing di tes dengan melakukan passing dinding pantul, teknik dribbling di tes dengan dribbling bola dengan menghindari rintangan, teknik shooting dites dengan melakukan shooting kegawang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik  deskriptif dengan bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut  : 1) Kemampuan teknik passing dari 22 orang pemain, 1 (4.55%) orang pemain klasifikasi baik sekali, 6 orang (27.27%) pemain klasifikasi baik, 8 orang (36.36%) pemain klasifikasi sedang, 6 orang (27.27%) pemain klasifikasi kurang dan  1 orang (4.55%) pemain klasifikasi kurang sekali. 2)  Kemampuan teknik dribbling dari 22 orang pemain, 2 orang (9.09%) pemain klasifikasi baik sekali, 4 orang (18.18%) pemain klasifikasi baik, 11 orang (50%) pemain klasifikasi sedang, 4 orang (18.18%) pemain klasifikasi kurang dan 1 orang (4.55%) pemain klasifikasi kurang sekali. 3) Kemampuan teknik shooting dari 22 orang pemain, 1 orang (4.55%) pemain klasifikasi baik sekali, 7 orang (31.82%) pemain klasifikasi baik, 6 orang (27.27%) pemain klasifikasi sedang, 6 orang (27.27%) pemain klasifikasi kurang dan 2 orang (9.09%)  pemain klasifikasi kurang sekali.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-10
How to Cite
yandri, debi, Badri, H., & Tohidin, D. (2019). TINJAUAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PEMAIN SENTRAL SEPAKBOLA SEKOLAH DASAR KOTA SOLOK. JURNAL STAMINA, 2(3), 451-459. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/91

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.