Pengaruh Latihan Lompat Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan lompat kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Kramatwatu Kota Serang sebanyak 33 orang. Pengolahan data menggunakan pendekatan statistika dengan teknik uji T. Berdasarkan hasil analisis data, pengaruh latihan lompat kardus terhadapĀ hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Sekolah Dasar pada siswa Kelas V SDN Kramatwatu Kota Serang. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, karena t hitung 16,653 > t tabel 2,444 dan nilai signifikansi sig.(2tailed) = 0,000 < 0,05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima. Terlihat terdapat peningkatan terhadap hasil lompat jauh di SDN Kramatwatu 2 dengan menggunakan berlatih lompat kardus, dengan peningkatan hasil tolakan sebesar 2,07%. Berdasarkan analisis telah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lompat jauh dengan latihan lompat kardus pada siswa kelas 5 SDN Kramatwatu 2. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model latihan lompat kardus terhadap hasil belajar lompat jauh di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulisĀ merekomendasikan hendaknya bentuk latihan lompat kardus dapat diterapkan dalam latihan ataupun pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan lompat dalam cabang olahraga lompat jauh. Sehingga siswa memiliki lompatan yang lebih baik. Untuk kemudian model latihan itu juga bisa digunakan dalam penelitian pada cabang olahraga lain yang memerlukan peningkatan lompatan dengan bentuk serupa