Evaluasi Pembinaan Olahraga Petanque Di Kabupaten Batang Hari

  • Aulia Rhodatul Janah Universitas Negeri Padang
  • Arif Fadli Muchlis Universitas Negeri Padang
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Padang
  • Donal Syafrianto Universitas Negeri Padang
Keywords: Evaluasi, Pembinaan olahraga, petanque.

Abstract

Permasalahan penelitian ini, belum optimalnya perkembangan olah raga pentanque. Dilihat dari jumlah atlet dan pelatih yang masih kurang, sarana dan prasaran yang belum lengkap serta sumber pendanaan pembinaan olahraga yang hanya berasal dari anggaran KONI. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana proses pembinaan yang telah dilakukan sehingga hasil dari penelitian ini menjadi sebuah pedoman dalam melaksanakan program pembinaan dan pengembangan olahraga petanque yang lebih baik kedepannya. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang pengurus organisasi, 1 orang pelatih dan 20 orang atlet klub petanque.  Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kepengurusan organisasi klub petanque dapat dikatakan masih kurang baik, ini terlihat dari banyaknya anggota yang ada di SK banyak yang sudah tidak aktif. 2) Atlet petanque dapat dikatakan baik, ini terlihat dari motivasi atlet yang tinggi, dan sudah mampu berprestasi di tingkat Provisi, maupun Nasional 3) pelatih petanque dapat dikatakan masih kurang baik, karena klub petanque memiliki 4 orang pelatih sertifikat lisensi, tetapi hanya 1 orang saja yang aktif melatih. 4) Sarana dan prasarana di klub petanque dapat dikatakan masih kurang baik. Karena sarana belum lengkap dan jumlahnya masih terbatas, sehingga atlet bergantian memakainya. 5) Pendanaan di klub petanque masih kurang Baik, hal ini karena dana hanya mengandalkan uang dari KONI, yang belum cukup untuk pembinaan dan pengembangan olahraga petanque.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27
How to Cite
Janah, A., Muchlis, A., Alimuddin, A., & Syafrianto, D. (2021). Evaluasi Pembinaan Olahraga Petanque Di Kabupaten Batang Hari. JURNAL STAMINA, 4(8), 337-345. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/895

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.