Latihan Trx Pada Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Atlet Dayung Putra Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Randy Muhammad Iqbal Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: daya tahan kekuatan otot lengan, TRX.

Abstract

Masalah utama yang ditemukan ketika penulis melaksanakan observasi dan wawancara dengan pelatih dayung yaitu daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota masih rendah, dibuktikan dengan kurangnya tingkat daya tahan kekuatan otot lengan dalam menempuh jarak yang panjang, sehingga dalam melaksanakan pertandingan ditinggal oleh lawan sewaktu menempuh setengah dari jarak yang ditentukan. Desain penelitian yang dipakai adalah eksperimen semu dengan rancangan one Group pre test-post test Desain. Populasi pada penelitian ini merupakan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota berjumlah 22 individu. Sampel penelitian ini sebanyak 10 individu putra dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample. Instrumen untuk menakar penelitian ini menggunakan daya tahan kekuatan otot lengan (Push Up Test ). Teknik analisis data menggunakan uji T dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil observasi ini yang telah dilakukan disimpulkan dalam beberapa point. Pertama, penerapan desain latihan yang dilaksanakan dalam latihan. Kedua, saat dilaksanakan uji hipotesis membuahkan hasil dari analisis uji hipotesis t hitung = 2,38 dengan melakukan test Push Up test dan t tabel dengan signifikan α = 0,05 yaitu 2,26. Pada jumlah sampel 10 orang atlet putra, jadi disimpulkan terdapat dampak latihan Total Body Resistance Excercise (TRX) kepada kenaikan daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-30
How to Cite
Iqbal, R., & Rifki, M. (2021). Latihan Trx Pada Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Atlet Dayung Putra Kabupaten Lima Puluh Kota. JURNAL STAMINA, 4(7), 301-308. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/891

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.