Metode Pembelajaran “Permainan 3 On 3” Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa
Abstract
This study aims to analyze the 3 On 3 Game Learning method to improve Volleyball Bottom Passing ability in Students. This research uses a qualitative approach. The type of research carried out is classroom action research (PTK) by improving each learning cycle. The research sample was students of grade VIII-H SMP Negeri 10 Jember with a total of 34 students. The instrument used is an observation sheet of learning process skills observed by the teacher which is then analyzed by looking for the percentage score of each aspect of the skill Based on the results of the study, it was concluded that the 3 on 3 game can improve the process and passing ability under volleyball in grade VIII H students of SMP Negeri 10 Jember. This can be seen from the learning process and student learning outcomes which always increase from cycle 1 to cycle II and the percentage result of cycle II is 82.96%. Teaching using 3 on 3 games can make volleyball bottom passing learning in grade VIII-H students of SMP Negeri 10 Jember better, students are more enthusiastic and feel happy in following the learning carried out and look not bored.
Downloads
References
Effendy, F., Kharisma, Y., & Ramadhan, R. (2020). Penggunaan Modifikasi Permainan Bolavoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(1), 1-14.
Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 188-201.
Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. (2018). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui permainan 3 on 3 pada siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga, 3(2), 161-166.
Irwanto, E. (2017). Metode Pembelajaran dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102-118.
Juniardi, A., & Redno, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Dengan Menggunakan Permainan 3 On 3 Pada Kelas VII Di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(1).
Juniarta, A. T. (2016, December). Mengkaji Penerapan Kognitif dalam Tuntutan Psikomotorik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana Um (pp. 228-239).
Kasturi, K. (2019). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli dengan Menggunakan Permainan 3 on 3 pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Warureja Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Dialektika: Jurnal Pendidikan, 3(1), 90-100.
Lidwina, S. (2012). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 09-18.
Lufthansa, L. (2020, December). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Psikologi Olahraga Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 2, No. 1, pp. 6-17).
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422-438.
Prasetyo, Y. (2013). Kesadaran masyarakat berolahraga untuk peningkatan kesehatan dan pembangunan nasional. Medikora, 11(2).
Purwaka, S. (2019). Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Stain Al-Fatah Jayapura Untuk Mempelajari Keterampilan Bercerita/Mendongeng. Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 49-71.
Qomariyah, S. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Media Balon. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 2(1), 14-19.
Sapari, H. M. (2019). Menggunakan Permainan 3 On 3 Dapat Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Siswa Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 15 Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 97-104.
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257.
Sriyatin, S., Sucipto, A., & Sulikan, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Sdn Sambigede 03 Sumberpucung Malang. JP. JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 80-91.
Sudarmono, M., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2013). Pengembangan Permainan Bavos Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Physical Education and Sports, 2(1).
Syaiful, A., Suwardi, S., & Irfan, I. (2018). Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani, Minat Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Taslim, Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli dengan Pendekatan Pembelajaran Drill. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 140-145.
Widiyatmoko, F. A., & Anggoro, D. B. (2019). Model Permainan Game 3 On 3 dan Bola Pantul Meningkatkan Kemampuan Dasar Bola Voli. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 63-66.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81-88.
Wisnungkoro, D. (2014). Pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar dribble sepakbola (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Trenggalek). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3).
Copyright (c) 2023 Hadi Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.