Dampak Ekstrakurikuler Karate Terhadap Pendidikan Karakter

  • Weni Syafrineti Universitas Negeri Padang
  • Liza Liza Universitas Negeri Padang
  • Fahmil Haris Universitas Negeri Padang
Keywords: Ekstrakurikuler karate, Pendidikan karakter.

Abstract

Dampak ekstrakurikuler karate terhadap pendidikan karakter pada kohai MTsN 2 Bukittinggi, pada umumnya sebagian siswa kurang menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang baik pada saat kegiatan ekstrakurikuler karate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ekstrakurikuler karate terhadap Pendidikan karakter pada kohai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang tergabung di ekstrakurikuler karate di MTsN 2 Bukittinggi sebanyak 28 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan total sampling. Demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang. Instrumen untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket dengan skala likert dan pengambilan data dilakukan pada saat melaksanakan latihan. Hasil penelitian dampak ekstrakurikuler karate terhadap pendidikan karakter pada kohai MTsN 2 Bukittinggi terbagi atas beberapa indikator diantaranya yaitu: (a) bertanggung jawab, diketahui bahwa pendidikan karakter kohai berindikator bertanngung jawab tergolong sedang, (b) religius tergolong baik, (c) jujur tergolong baik, (d) kerja keras tergolong sedang, (e) disiplin tergolong baik, (f) toleransi tergolong baik, (g) menghargai prestasi tergolong sangat baik, (h) peduli lingkungan tergolong baik, sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata jawaban penelitian terhadap pendidikan karakter pada kohai MTsN 2 Bukittinggi dengan keseluruhan tingkat pencapaian pada 28 siswa tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-28
How to Cite
Syafrineti, W., Liza, L., & Haris, F. (2021). Dampak Ekstrakurikuler Karate Terhadap Pendidikan Karakter. STAMINA, 4(6), 260-265. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/828

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.