Motivasi masyarakat terhadap senam porpi di gelanggang olahraga agus salim kota padang

  • Metra Gusman Universitas Negeri Padang
  • Apri Agus Universitas Negeri Padang
  • Andri Gemaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Motivasi, Senam PORPI

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya gambaran motivasi masyarakat terhadap senam PORPI di Gelanggang Olahraga Agus Salim Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi masyarakat terhadap senam PORPI di Gelanggang Olahraga Agus Salim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Agus Salim. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang. Sementara itu teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang, yang diambil dari 35% dari total populasi. Teknik pengambilan data menggunakan angket, kemudian data diolah menggunakan teknik distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran motivasi instrinsik yang dimiliki masyarakat dalam mengikuti senam PORPI di Gelanggang Olahraga Agus Salim  Kota Padang menunjukkan bahwa responden setuju mengikuti senam PORPI berdasarkan item motif diri, minat, bakat, kemauan, harapan , dan pergaulan. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data jawaban dari responden terhadap senam PORPI memperoleh nilai 3,38 yang berada pada kategori “setuju”. Gambaran untuk motivasi ekstrinsik yang dimiliki masyarakat dalam mengikuti senam PORPI di Gelanggang Olahraga Agus Salim Kota Padang menunjukkan bahwa responden tidak setuju mengikuti senam tersebut berdasarkan item keluarga, teman, atasan, sarana dan prasarana, serta pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan analisis data jawaban dari responden terhadap senam PORPI memperoleh nilai 2,45 yang berada pada kategori “tidak setuju”

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
Gusman, M., Agus, A., & Gemaini, A. (2021). Motivasi masyarakat terhadap senam porpi di gelanggang olahraga agus salim kota padang. JURNAL STAMINA, 4(5), 232-237. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/816

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.