evaluasi program pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang di bukit langkisau painan oleh dinas pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten pesisir selatan

  • rahdian dwijulni putra universitas negeri padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Pengelolaan, Olahraga Rekreasi Paralayang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari belum diketahui dengan jelas apakah program pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang di bukit langkisau painan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang di bukit langkisau painan.

Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 1 orang yaiitu pembina dan pejabat di dinas pariwisata dan pemuda olahraga di kabupaten pesisir selatan. Sampel dalam penelitian ini di ambil dengan teknik wawancara. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode cipp. Data di analisis dengan menggunakan  Model Alir yg di bagi menjadi tiga tahapan yaiitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan  hasil  penelitian  ditemukan  bahwa 1.context: Program pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang sudah ada dari dulu, programnya lebih mengarah ke paralayang, sebelumnya ada dua program olahraga rekreasi dirgantara yang akan di kembangkan yaiitu gantole dan paralayang. Terbatas sarana pada olahraga gantole ini karna peralatanya sangat mahal dan sulit, tidak terjangkau dana atau keterbatasan anggaran oleh dinas dan organisasi  maka pengelola hanya mengembangkan olahraga rekreasi paralayang, 2. Input : Olahraga  paralayang di bukit langkisau adalah olahraga perioritas di kabupaten pesisir selatan. Merekrut generasi pemuda untuk terjun di dunia paralayang tapi kendalanya kurang anggran untuk sarana, 3. Process: Program pengembangan terus berlanjut setiap 1 kali dalam setahun yaiitu festival bukit langkisau yg awalnya dilaksanakan dalam exhibition pada tahun 2004 sampai sekarang, 4. product : program pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang di bukit langkisau painan Tujuan pemerintah  karna olahraga ini adalah olahraga perioritas atau lebih cepat dengan hal promosi daerah. Olahraga yang tepat dalam promosi pariwisata di kabupaten pesisir selatan khususnya bukit langkisau painan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-10
How to Cite
putra, rahdian, & Komaini, A. (2019). evaluasi program pengembangan pengelolaan olahraga rekreasi paralayang di bukit langkisau painan oleh dinas pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten pesisir selatan. JURNAL STAMINA, 2(3), 410-424. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/81

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.