Upaya Meningkatkan Pembelajaran Dasar Long Service Dalam Permainan Bulutangkis Melalui Metode Inquiry
Abstract
Masalah dalam penelitian ini terkait dengan pemberian materi long serve pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palopo yang masih sangat kurang efesien sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang akurat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya Upaya Meningkatkan Pembelajaran Dasar Long Serve dalam Permainan Bulutangkis melalui Metode Inquiry pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pembelajaran permainan bulutangkis long serve. Teknik analisis data menggunakan analisiss deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dari siklus I diperoleh sebanyak 7 siswa (23,3%) tuntas dan 23 siswa (76,7%) tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 28 siswa (93,3%) tuntas dan 2 siswa tidak tuntas (6,7%). Berdasarkan hasil rata-rata yang telah diperoleh maka dapat dikatakan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran dasar long serve dalam permainan bulutangkis melalui metode inquiri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 mengalami peningkatan