Hubungan Kadar Hemoglobin Terhadap Kemampuan Vo2max Pada Pemain Sepak Bola (SSB) Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh

  • Muhammad William Ferry Universitas Negeri Padang
  • Wilda Wellis Universitas Negeri Padang
Keywords: Hemoglobin, Vo2max

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan observasi yang peneliti lakukan bahwa kemampuan VO2Max pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat ketika masa latihan maupun bertanding, pemain tampak kelelahan dimenit-menit awal. Jika hal yang demikian ini terus berlanjut akan sangat tidak baik bagi masa depan pemain SSB ini Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh.
Jenis penelitin ini jenis penelitian korelasi dengan desain penelitian deskriptif analitik, yang ingin melihat hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat.. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh yang berjumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang berdasarkan atas suatu pertimbangan tertentu seperti sifat sifat populasi ataupun ciri-ciri yang telah di ketahui sebelumnya.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis Corelasi product moment.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara kadar Hemoglobin (Hb) terhadap kemampuan VO2Max pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh dengan nilai rhitung > rtabel 0,404 dan dengan taraf Sig α=0,05 kemudian nilai thitung 4,22 > ttabel 1,71.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-10
How to Cite
Ferry, M., & Wellis, W. (2019). Hubungan Kadar Hemoglobin Terhadap Kemampuan Vo2max Pada Pemain Sepak Bola (SSB) Tunas Inti Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh. JURNAL STAMINA, 2(3), 425-436. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/77

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.