Pengaruh Senam Terhadap Kebugaran Jasmani Lansia

  • Angga Mulyadi Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: Kebugaran Jasmani ,senam lansia, pola hidup sehat.

Abstract

Tujuan artikel ini ialah untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh senam terhadap kebugaran jasmani  lansia. Dalam  berbagai artikel, kondisi ini di dukung dengan banyaknya hasil penelitian yang mengatakan kebugaran jasmani untuk lansia sangat perlu untuk di lakukan.  Kebugaran jasmani ialah tenaga yang dimiliki agar tetap mampu melakukan kegiatan supaya tidak menghadapi keletihan yang berarti, kebugaran jasmani yang ada didiri individu mempunyai manfaat sebagai penopang keutamaan aktifitas yang dilakukan. Aktivitas yang cocok dilakukan lansia untuk mencapai ketahanan tubuh dengan kebugaran yang tepat yaitu dengan adanya kegiatan senam dengan disertai dengan litihan-latihan kekuatan ditambah gerakan keseimbangan dan peragangan.   Hasil penelitian dari studi kasus menunjukkan bahwa lansia dengan aturan makan buruk  yaitu jarang makan diwaktu pagi, pola makan yang berantakan (bukan 3 kali sehari),tidak sering  mengkonsumsi sumber karbohidrat, buah-buahan, jajanan, susu, sumber protein nabati, sayuran, dan jarang  minum air mineral 5 sampai 9 gelas setiap hari. selain memperhatikan pola hidup  sehat, kualitas hidup lansia juga harus diperhatikan. Kualitas hidup lansia di pengaruhi beberapa faktor yaitu kesehatan fisik, kesehatan fisikologis, hubungan sosial dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-31
How to Cite
Mulyadi, A., & Rifki, M. (2021). Pengaruh Senam Terhadap Kebugaran Jasmani Lansia. STAMINA, 4(3), 113-124. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/762

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.