Analisis Kondisi Fisik Atlet Futsal Cfkb Academy Btusangkar Kabupaten Tanah Datar

  • Arif Pratama Putra Universitas Negeri Padang
  • Arif Pratama Putra Universitas Negeri Padang
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang
Keywords: Kondisi Fisik, Atlet Futsal

Abstract

Masalahmdalam penelitianmini yaitumbelum adanyampemusatan latihanmterhadap kondisimfisik atlet dan pelatih kurang memahami, mengetahui tentangmkemampuan kondisi fisik atlet yangmmereka bina. Pada saatmlatihan pelatih hanyamterfokus melatih komponen kondisimfisik daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory) saja. Sedangkan untuk mendukung peningkatan prestasi seorang atlet seharusnya seorang pelatih juga mengetahuimkualitas komponen-komponen kondisi fisik yang lainnya seperti kekuatan, kelincahan, daya ledak, kecepatan, serta daya tahan. Jenismpenelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet futsal CFKB Academy Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 14 orangmatlet. Untuk memperoleh data dilakukan tes dan pengukuran terhadap kemampuanmkondisi fisik atlet. Datamdianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitianmkondisi fisik denganmtes dan pengukuran menunjukan kemampuan kondisi fisik dari persentase terbesar adalahmsebagai berikut : (1) Daya LedakmOtot  atlet futsal sebesar 42.86% dalam kategorimsedang, (2) KekuatanmOtot Perut atlet futsal sebesar 64.29% dalam kategorimbaik, (3) Kekuatan OtotmLengan atlet futsal 57.14% dalam kategorimkurang, (4) Kecepatanmatlet futsal sebesar 42.86% dalammkategori sedang, (5) Kelincahanmatlet futsal sebesar 42.86% dalam kategorimsedang, (6) Daya Tahanmatlet futsal sebesar 57.14% dalam kategorimsedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-31
How to Cite
Putra, A., Putra, A., & Badri, H. (2021). Analisis Kondisi Fisik Atlet Futsal Cfkb Academy Btusangkar Kabupaten Tanah Datar. JURNAL STAMINA, 4(3), 103-112. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/761

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.