Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Modifikasi Alat Pada Permainan Bola Voli

  • Ogi Putra Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: Bolavoli, Passing Bawah, Modifikasi Alat

Abstract

Penulisan artikel bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan hasil dari pengaruh modifikasi alat pada permainan bolavoli terhadap kemampuan passing bawah. Salah satu teknik dasar paling mendukung dalam permainan bolavoli ialah passing, sebab passing merupakan kunci utama pada permainan bolavoli. Observasi penulis dari beberapa permainan bolavoli, terdapat sebuah masalah tentang teknik dasar passing, khususnya passing bawah yang kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan studi terhadap berbagai artikel penelitian yang relevan sebanyak 10 artikel dari 10 tahun terakhir dengan rentang waktu tahun 2010 sampai tahun 2020 melalui sumber pencarian referensi yang sama, yaitu google scholar untuk mengetahui pengaruh modifikasi alat pada permainan bolavoli terhadap kemampuan atlet melakukan passing bawah. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan metodologi artikel review melalui identifikasi, penyaringan, dan pengecualian hingga didapat 10 artikel sebagai sample yang relevan dengan penelitian penulis. Berdasarkan hasil analisis artikel review, maka dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari modifikasi alat terhadap kemampuan passing bawah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-26
How to Cite
Putra, O., & Rifki, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Modifikasi Alat Pada Permainan Bola Voli. JURNAL STAMINA, 4(2), 80-88. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/754

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.