Pengaruh Kafein Terhadap Pemulihan Denyut Nadi Pemain Voli PLTA Maninjau

  • David Surya Dharma Universitas Negeri Padang
  • Pudia M Indika Universitas Negeri Padang
Keywords: Kafein, Denyut Nadi

Abstract

Masalah penelitian ini adalah pemain bolavoli PLTA maninjau saat melakukan pertandingan mudah merasa kelelahan dan mengalami penurunan performa dilapangan, sehingga sering mengalami kekalalahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemberian kafein terhadap denyut nadi pemulihan pemain bolavoli PLTA Maninjau. Jenis dari penelitian ini yaitu (quasy experiment)atau eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di Jorong Tanjung Alai ,Kanagarian Koto malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Pada tanggal 13-15 september 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain bolavoli PLTA maninjau yang usia 13-18tahun sebanyak 10 orang. Teknik yang digunakan pada pengambilan sampel yaitu memakai total sampling, maka dengan itu jumlah pada sampel didalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang atlet . Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur denyut nadi pemulihan pemain. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistic uji t.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian kafein terhadap pemulihan denyut nadi pemain bolavoli PLTA maninjau yang dibuktikan dengan analisis statistic thitung > ttabel (6,00 > 1,82)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-26
How to Cite
Dharma, D., & Indika, P. (2021). Pengaruh Kafein Terhadap Pemulihan Denyut Nadi Pemain Voli PLTA Maninjau. JURNAL STAMINA, 4(2), 70-79. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/752

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.