Pengaruh Latihan Quick Dan Latihan Tuck Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bola Voli

  • Ade Putra Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: Quick Leap, Tuck Jump, Daya Ledak Otot Tungkai, Bola Voli

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya penerapan latihan quick leap dan tuck jump guna menjawab masalah dalam permainan bolavoli. Masalah pada penelitian ini adalah kurang optimalnya daya ledak otot tungkai, kesulitan mengarahkan pukulan smash yang keras ke area lawan, dan belum diketahuinya kemampuan mengembangkan daya ledak otot tungkai pemain bolavoli. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dari artikel penelitian yang relevan sebanyak 10 artikel dari 10 tahun terakhir dengan rentang waktu tahun 2010 sampai tahun 2020 dengan sumber pencarian referensi yang sama, google scholar untuk mengetahui pengaruh dari latihan latihan quick leap dan tuck jump terhadap daya ledak otot tungkai pemain bolavoli. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan metodologi artikel review. Berdasarkan hasil analisis artikel review, maka dapat disimpulkan bahwa dengan membentuk latihan quick leap dan tuck jump yang teratur dan terstruktur akan berpengaruh secara signifikan terhadap daya ledak otot tungkai pemain bolavoli. Dan latihan tuck jump lebih baik dibandingkan dengan quick leap.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-26
How to Cite
Putra, A., & Rifki, M. (2021). Pengaruh Latihan Quick Dan Latihan Tuck Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bola Voli. JURNAL STAMINA, 4(2), 48-55. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/750

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.