HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH

  • ade wahyudi FIK UNP
  • Bafirman Bafirman Universitas Negeri Padang
Keywords: kebugaran jasmani, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Hubungan Kebugaran Jasmani dengan hasil Belajar  Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh

 

Ade Wahyudi1, Bafirman21Mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Padang

2Dosen Pembimbing

Universitas Negeri Padang

 

Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan peneliti menemukan bahwa hasil belajar yang dipeoleh oleh peserta didik masih relatif rendah. Penyebab rendahnya hasil belajar ini diduga ada hubunganya dengan kebugaran jasmani peserta didik yang juga rendah. Oleh sebab itu peneliti ingin mengungkapkan apakah benar terdapat hubungan natara kebugaran jasmani dengan hasil belajar peserta didi di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh.

Jenis penelitin ini adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh yang berjumlah sebanyak 193 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan total sampling sampling yaitu dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi product moment.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh didapatkan nilai rhitung 0,595 > rtabel 0,195 dalam taraf a = 0,05. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan  hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh didapatkan nilai rhitung 0,540 > rtabel 0,207 dalam taraf a = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-10
How to Cite
wahyudi, ade, & Bafirman, B. (2019). HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH. JURNAL STAMINA, 2(3), 471-482. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/74

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.