Hubungan kadar hemoglobin dengan kemampuan volume oksigen maksimal (vomax) mahasiswa ilmu keolahagaan

  • Fiky Zarya Universitas Negeri Padang
  • Wilda Welis Universitas Negeri Padang
Keywords: kadar hemoglobin, volume oksigen maksimal

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya daya tahan mahasiswa IKOR tahun masuk 2016 dalam melakukan aktivitas fisik yang dimana mahasiwa IKOR tidak luput dari aktivitas fisik dalam perkuliahan. penelitian ini bersifat Korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin dengan kemampuan volume oksigen maksimal (VO₂Max). waktu penelitian dilaksanakan bulan November-Desember 2018. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa IKOR tahun masuk 2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling, dimana teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap anggota populasi. Jadi jumlah sampel 29 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur kadar hemoglobin dengan metode digital yaitu easy touch GCHb sedangkan (VO₂Max) dengan menggunakan metode bleep test. Data di analisis dengan menggunaka uji rᵪᵧ. analisis yaitu terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kadar hemoglobin dengan kemampuan volume oksigen maksimal dimana diperoleh harga t-hitung = 11,78 > t-tabel = 1.70 pada taraf signifikansi α = 0.05 dan dk (n-2) = 27. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
Zarya, F., & Welis, W. (2021). Hubungan kadar hemoglobin dengan kemampuan volume oksigen maksimal (vomax) mahasiswa ilmu keolahagaan. JURNAL STAMINA, 4(1), 38-47. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/724

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.