Profil standar keamanan dan analisis resiko atraksi cliff jumping di sironjong ketek kawasan wisata mandeh

  • Budi Putra Inandes Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Standar Keamanan, Analisis Resiko, Cliff Jumping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil standar keamanan dan analisis resiko atraksi Cliff Jumping di Sironjong Ketek kawasan wisata Mandeh.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, pemandu wisata, dan wisatawan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih rendahnya standar keamanan atraksi Cliff Jumping di Sironjong Ketek kawasan wisata Mandeh, Belum adanya analisis resiko yang dilakukan oleh pihak manapun. Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan hanya memfasilitasi tempat wisata. Masih kurangnya sarana dan prasarana Cliff Jumping dan kualitas pemandu wisata yang masih dari kaum masyarakat yang belum mempunyai sertifikat resmi pemandu wisata. Masih kurangnya SDM untuk pengelolaan Cliff Jumping  di Sironjong Ketek kawasan wisata Mandeh. Sehingga membuat wisatawan kurang minat untuk melakukan atraksi Cliff Jumping.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
Inandes, B., & Komaini, A. (2021). Profil standar keamanan dan analisis resiko atraksi cliff jumping di sironjong ketek kawasan wisata mandeh. JURNAL STAMINA, 4(1), 29-33. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/722

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.