Pengaruh aktivitas bermain berbasis experiental learning terhadap peningkatan keterampilan motorik anak usia dini di tk mekar sari
Abstract
Berdasarkan pengamatan dan observasi pada TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang menunjukkan bahwa masih banyaknya anak anak yang terlihat bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas gerak/permainan dan malas bergerak yang disebabkan tidak terbiasa melakukan aktivitas bermain di sekolah atau dirumah. Observasi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini dengan aktivitas bermain berbasis Experiential Learning di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi seluruh murid di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang yang berjumlah sebanyak 20 anak. Teknik penarikan sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik Total Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 putri dan 13 putra. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tes keterampilan gerak dasar. Data dianalisis dengan rumus t-test. Hasil penelitian yakni, Terdapat hubungan aktivitas bermain berbasis experiential learning terhadap peningkatan keterampilan motorik anak usia dini di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang, setelah di analisis maka diperoleh thit (6,15) > ttab (1,729).