Pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan heading

  • Azanuddin Azanuddin Universitas Negeri Padang
  • Hermanzoni Hermanzoni Universitas Negeri Padang
  • Roma Irawan Universitas Negeri Padang
  • Irfan Arifianto Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah penelitian yaitu kemampuan heading di SSB Putra Wijaya Padang masih kurang baik, sehingga dalam penelitian ini membahas tentang pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan heading di SSB Putra Wijaya Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan heading di SSB Putra Wijaya Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2020 di lapangan sepakbola Kompi A, Lapai, Kota Padang. Seluruh pemain di SSB Putra Wijaya Padang merupakan populasi di dalam penelitian ini total 83 pemain. Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, kelompok usia 14-17 tahun ialah merupakan sampel dalam penelitian ini dengan total sampel 20 pemain. Heading the ball merupakan instrument yang digunakan dalm penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uju t. Berlandaskan analisis data pada penelitian ini memakai statistik uji t. Kesimpulan pada ini yaitu terdapat pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan heading di SSB Putra Wijaya Padang (  2,9 > 1,729). Di peroleh mean tes awal = 5,39 dan mean tes akhir = 5,97. Berarti latihan pliometrik memberikan pengaruh terhadap kemampuan heading di SSB Putra Wijaya Padang, artinya dengan memberikan latihan pliometrik memberikan pengaruh untuk peningkatan kemampuan heading.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-16
How to Cite
Azanuddin, A., Hermanzoni, H., Irawan, R., & Arifianto, I. (2020). Pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan heading. JURNAL STAMINA, 3(12), 873-883. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/700

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.