Analisis keterampilan teknik dasar gerak shooting siswa sekolah sepakbola (ssb) bariti kota padang panjang

  • Seprori Rafiantoni Rafiantoni Universitas Negeri Padang
  • Windo Wiria Dinata Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tidak akuratnya shooting, lemahnya shooting serta belum diketahuinya tingkat keterampilan teknik dasar shooting yang dimiliki siswa SSB Bariti Kota Padang Panjang. Bedasarkan masalah diatas maka dilakukan analisis tentang keterampilan teknik dasar shooting siswa SSB Bariti Kota Padang Panjang. Dengan tujuannya adalah untuk mengetahui keterampilan teknik dasar shooting dari siswa SSB Bariti Kota Padang Panjang. Penelitian dilakukan dengan observasi atau pengamatan lansung terhadap teknik shooting siswa SSB Bariti Kota Padang Panjang. Dengan menggunakan metode deskriptif, dengan populasi 20 orang dan  pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu sampel diambil secara keseluruhan dari populasi. Instrumen yang digunakan menggunankan tes dengan tiga orang judgements  sebagai penilai. Dalam penelitian ini mengkaji tentang fase awal, fase utama dan fase akhir dalam teknik dasar shooting. Bedasarkan hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat penguasaan teknik shooting pada fase awal sebesar 77% dan tingkat kesalahan 23%, kemudian pada indikator fase utama (pelaksanaan) sebesar 70% dan tingkat kesalahan sebesar 30%, selanjutnya, pada indikator fase akhir (follow-through) sebesar 72% dan tingkat kesalahan 28%. Dengan demikian hasil penelitian dari 20 siswa SSB Bariti Kota Padang Panjang diperoleh tingkat pengusaan shooting sebesar 73% dan tingkat kesalahan teknik dasar shooting sebesar 27% dikategorikan Baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-16
How to Cite
Rafiantoni, S. R., & Dinata, W. (2020). Analisis keterampilan teknik dasar gerak shooting siswa sekolah sepakbola (ssb) bariti kota padang panjang. JURNAL STAMINA, 3(12), 854-864. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/698

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.