Strategi pengembangan olahraga rekreasi di objek wisata puncak tonang kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman

  • Oki Purnama Universitas Negeri Padang
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana strategi pengembangan olahraga rekreasi di objek wisata puncak tonang kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan olahraga rekreasi pada objek wisata puncak tonang kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman. Sehingga hasil penelitian ini dapat menjadikan pertimbangan atau pedoman dalam pelaksanaan dan pengembangan olahraga rekreasi di objek wisata puncak tonang agar lebih baik kedepannya.

Penelitian ini menggunakan metode deskrptif dengan pendekatan kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kasi promosi pariwisata Disporapar Kabupaten Pasaman, Pengelola Objek Wisata Puncak Tonang, dua orang pengunjung objek wisata Puncak Tonang dan masyarakat kampung Setia Baru Teknik analisis data yang digunakan adalah teknin analisis data kualitatif dengan metode SWOT dengan memperhatikan faktor kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman untuk menentukan Strategi pengembangan olahraga rekreasi pada Objek Wisata Puncak Tonang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembehasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: Strategi Pengembangan Olahraga rekreasi pada objek wisata Puncak Tonang adalah perlu adanya koordinasi antara Pemerintah Daerah pengelola serta masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-16
How to Cite
Purnama, O., & Badri, H. (2020). Strategi pengembangan olahraga rekreasi di objek wisata puncak tonang kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman. JURNAL STAMINA, 3(12), 841-853. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/697

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.