Pengaruh aktivitas bermain terhadap motorik anak

  • Mhd Luthvy Praja Panggi Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah pada artikel ini adalah kenyataan yang ditemukan pada sebagian besar anak motorik tidak berkembang dengan sempurna, sehingga membutuhkan aktivitas penunjang untuk mengembangkan kemampuan motorik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan review dari artikel yang relevan sebanyak 15 artikel dengan rentang waktu tahun 2010 sampai tahun 2020 yang dikumpulkan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Indonesia One Search). Metode analisa yang dilakukan adalah artikel review. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengetahui pengaruh aktivitas bermain terhadap motorik anak, dan untuk mengetahui kegiatan bermain yang efektif untuk menunjang motorik anak. Berdasarkan hasil analisis artikel review, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik anak khususnya pada usia dini. Kemampuan motorik anak bisa ditunjang oleh berbagai aktivitas permainan yang digemari oleh anak dan sebaiknya disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Kata kunci: Aktivitas bermain, Kemampuan motorik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-16
How to Cite
Panggi, M. L., & Komaini, A. (2020). Pengaruh aktivitas bermain terhadap motorik anak. JURNAL STAMINA, 3(11), 812-820. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/694

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.