Pengaruh latihan drill terhadap peningkatan kemampuan passing bawah pemain bolavoli

  • Fadly Hidayat Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memaparkan pentingnya penerapan latihan drill dalam meningkatkan kemampuan atlet menguasai teknik-teknik permainan bolavoli, khususnya kemampuan passing bawah. Untuk mengetahui pengaruh dari latihan drill dalam meningkatkan kemampuan passing bawah pemain bolavoli melalui artikel-artikel penelitian sebelumnya. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan menguasai teknik passing bawah dan penerapan metode latihan yang kurang tepat untuk meningkatkan penguasaan teknik passing bawah pemain bolavoli. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dari artikel penelitian yang relevan sebanyak 10 artikel dari 10 tahun terakhir dengan rentang waktu tahun 2010 sampai tahun 2020 dengan sumber pencarian referensi dari Google Scholar untuk mengetahui pengaruh dari penerapan latihan drill dalam meningkatkan kemampuan block pemain bolavoli. Bentuk penelitian ini adalah penelitian meta-analisa dengan kategorisasi sample dari penelitian-penelitian yang menggunakan metode eksperimen, metode games situation, dan metode penelitian tindakan kelas. Selanjutnya dilakukan pengecualiaan terhadap artikel yang tidak sesuai dengan kebutuhan penulis. Artikel yang termasuk menjadi sampel yang kemudian penulis lakukan artikel review. Berdasarkan hasil analisis artikel review, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode latihan passing bawah dengan model drill mampu meningkatkan kemampuan passing bawah pemain bolavoli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-16
How to Cite
Hidayat, F., & Rifki, M. (2020). Pengaruh latihan drill terhadap peningkatan kemampuan passing bawah pemain bolavoli. JURNAL STAMINA, 3(11), 805-811. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/693

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.