Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat

  • Ulfa Rahmayani Universitas Negeri Padang
  • Romi Mardela Universitas Negeri Padang
  • Suwirman Suwirman Universitas Negeri Padang
  • Jeki Haryanto Haryanto Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa  SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara kabupaten Agam terhadap kegiatan ekstrakurikuler pencak silat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah motivasi siswa SMA Negeri 1 tanjung mutiara kabupaten agam dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara kelas 10. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang siswa. Instrument peneltian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler silat di SMA Negeri 1 tanjung mutiara kabupaten agam berada pada kategori baik dengan persentase 76,04%. Dimana capaian motivasi siswa pada indicator intrinsic sebesar 76,57%, berada pada kategori baik dan capaian pada motivasi ekstrinsik sebesar 75,33%,  berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-16
How to Cite
Rahmayani, U., Mardela, R., Suwirman, S., & Haryanto, J. H. (2020). Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. JURNAL STAMINA, 3(11), 796-804. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/692

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.