Provinsi bengkulu evaluasi program latihan sekolah sepakbola (ssb) nagari lawang kecamatan matur kabupaten agam

  • Beni Sufrianto Universitas Negeri Padang
  • Didin Tohidin Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat gambaran  program latihan yang diterapkan Sekolah Sepakbola (SSB) Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam  kurang berjalan dengan baik yaitu mulai dari perencanaan latihan hingga pelaksanaan latihan, seperti ketidakdisiplinan atlet dalam mengikuti latihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambara program latihan Sekolah Sepakbola Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam.

Jenis penelitian kualitatif non statistik, yaitu memahami fenomena yang sedang terjadi secara alamiah (natural). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Konteks, input, procces, product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Populasi dalam penelitian ini adalah  Pelatih, Pengurus dan Atlet Sekolah Sepakbola Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Data dalam penelitian diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan teknik trigulasi.

Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Evaluasi Kontext berdasarkan dari penelitian yang dilakukan di SSB Nagari Lawang dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan program latihan yang dilaksanakan sudah dijalankan dengan baik. (2) Evaluasi Input yaitu untuk kelayakan sarana seperti bola, cone dan lain –lain sudah mencukupi dan untuk prasara seperti lapangan belum layak, karena kondisi lapangan masih banyak yang berlubang. (3) Evaluasi Procces dilihat dari hasil aktivitas latihan yang dilakukan dan penanggungjawab atas program latihan sekolah sepakbola sudah berjalan dengan baik. (4) Evaluasi Product keberhasilan pembinaan program latihan siswa sekolah sepakbola NagariLawang berdasarkan hasil penelitian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-27
How to Cite
Sufrianto, B., & Tohidin, D. (2020). Provinsi bengkulu evaluasi program latihan sekolah sepakbola (ssb) nagari lawang kecamatan matur kabupaten agam. JURNAL STAMINA, 3(10), 750-755. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/686

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.