Tinjauan pembinaan pencak silat perguruan tonggak tuo di kecamatan lintau buo utara kabupaten tanah datar

  • Fajri Fajri Universitas Negeri Padang
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya gambaran pembinaan pencak silat perguruan Tonggak Tuo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembinaan pencak silat perguruan Tonggak Tuo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 19 orang, 15 atlet, 3 orang pelatih dan 1 pengurus Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Pelatih diperguruan silat perguruan Tonggak Tuo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar kualitasnya sudah cukup baik, karena merupakan mantan atlet pencak silat serta dalam latihan memberikan latihan kondisi fisik dan teknik, tetapi belum mempunyai sertifikat melatih yang dikeluarkan IPSI, 2) Kualitas atlet belum begitu baik, karena mereka belum mempunyai kondisi fisik yang baik serta kurang disiplin disiplin latihan serta prestasinya belum baik, 3) Pengurus belum menjalankan fungsinya dengan baik, karena sarana dan prasarana masih kurang serta kurangnya kompetisi yang dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-30
How to Cite
Fajri, F., & Badri, H. (2019). Tinjauan pembinaan pencak silat perguruan tonggak tuo di kecamatan lintau buo utara kabupaten tanah datar. JURNAL STAMINA, 2(4), 8-15. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/679

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.