Tinjauan kemampuan teknik dasar pemain bolabasket sma n 1 pasaman kabupaten pasaman barat

  • Ade Afrianto Universitas Negeri Padang
  • Arif Fadli Muchlis Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kembali kemampuan secara teknik dasar pemain bola basket di Sekolah Menengah Atas (SMAN ) 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Pasaman Barat. Instrument yang dipakai adalah peninjauan kemampuan teknik dasar (passing,dribbling, shooting) permainan bola Basket pada siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan kemampuan teknik dasar (passing, dribbling dan shooting) pada Pemain Bolabasket SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat termasuk dalam kategori Baik dengan persentase 50 % yang dimasukan dalam norma tes kemampuan bermain bola basket. Sedangkan yang lain sebanyak 22 % termasuk kategori Cukup, 22 % kategori Kurang dan 6% termasuk dalam kategori Kurang Sekali. Sedangkan yang termasuk dalam kategori Baik Sekali sebanyak 0%.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyarankan untuk pemain bola basket SMAN 1 Pasaman Barat lebih meningkatkan latihan teknik dasar bola basket yaitu passing, dribbling dan shooting dalam peningkatan prestasi Pemain Bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-30
How to Cite
Afrianto, A., & Muchlis, A. (2019). Tinjauan kemampuan teknik dasar pemain bolabasket sma n 1 pasaman kabupaten pasaman barat. JURNAL STAMINA, 2(4), 1-7. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/678

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.