Gambaran daya ledak otot tungkai atlet tarung derajat satlat pln kota pariaman

  • Rahmad Fazril Universitas Negeri Padang
  • Wilda Welis Universitas Negeri Padang

Abstract

Belum adanya gambaran daya ledak otot tungkai atlet tarung derajat satlat PLN Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk gambaran daya ledak otot tungkai atlet tarung derajat satlat PLN Kota Pariaman.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Satlat PLN Kota Pariaman pada bulan Oktober – November 2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh atlet tarung derajat satlat PLN Kota Pariaman berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan data menggunakan Purposive samplingyaitu pengambilan sampel didasarkan pada maksud yang telah ditetapkan sebelumnya atau dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Maka sampel dalam penelitian ini hanya atlet yang memiliki kemampuan terarah yaitu tingkat Kurata III dan Kurata IV. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 atlet, yang terdiri dari 7 orang atlet putra dan 7 atlet putri. Analisis data daya ledak otot tungkai dilakukan dengan standing long jump Test. Data yang diperoleh melalui hasil tes dioleh dengan menggunakan teknik persentase.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa daya ledak otot tungkai atlet putra tarung derajat satlat PLN kota Pariaman berada pada klasifikasi baik dengan persentase 42,86 % sedangkan atlet putri berada di pada klasifikasi sedang dengan persentase 42,86 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-31
How to Cite
Fazril, R., & Welis, W. (2019). Gambaran daya ledak otot tungkai atlet tarung derajat satlat pln kota pariaman. JURNAL STAMINA, 2(5), 1-8. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/673

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.