Tinjauan kondisi fisik pemain sekolah Sepak bola macan padang

  • Randi Fernandes Universitas Negeri Padang
  • Arif Fadli Muchlis Universitas Negeri Padang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui kondisi fisik Pemain Sepakbola Sekolah Sepakbola Macan Padang yang meliputi Ketahanan Aerobik, Kecepatan, Kelincahan dan Ekstremitas Otot Peledak. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kondisi fisik pemain sepak bola di Sekolah Sepakbola Macan dengan mengacu pada Ketahanan Aerobik, Kecepatan, Kelincahan dan Ekstremitas Otot Peledak.

Populasi penelitian ini adalah para pemain yang aktif mengikuti pelatihan di Sekolah Sepakbola Macan Padang yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang, yaitu pada tingkat menengah (fase formatif) -13-14 tahun sebanyak 10 orang, dan remaja akhir (15-20 tahun) adalah 10 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif (tabulasi frekuensi). Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur kondisi fisik pemain sepak bola Padang yang meliputi, Ketahanan Aerobik dengan tes Yo-Yo Intermittent Recovery, Tes Kecepatan Lari 50 Meter, Tes ketangkasan melalui shuttle run 6x10 meter dan tes daya ledak otot paru dengan Standing Lompatan luas.

Dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil: “Rata-rata kondisi fisik Pemain Macan Padang ditinjau dari: (1) Daya tahan aerobik (40,21 ml / kg / menit) kategori rendah, (2) Kecepatan (7,46 detik) ) kategori rendah, (3) Agility (17.76 detik) kategori rendah, 4) Kategori Explosive Muscle Limb (194 cm) sangat kurang ". Secara keseluruhan kondisi fisik pemain Macan Padang tergolong lemah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31
How to Cite
Fernandes, R., & Muchlis, A. (2020). Tinjauan kondisi fisik pemain sekolah Sepak bola macan padang. JURNAL STAMINA, 2(2), 20-31. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/665

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.