AKTIVITAS BERMAIN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TELUK BAKUNG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Titit Indriani Universitas Negeri Padang
  • Gusril Gusril Universitas Negeri Padang
  • Andri Gemaini Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya aktivitas bermain siswa SDN 09 Teluk Bakung Kecamatan Bayang mengenai aspek psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas bermain peserta didik ditinjau dari aspek psikologis SDN 09 Teluk Bakung Kecamatan Bayang.

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi tertentu atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail. Waktu penelitian dilakukan pada 13 februari 2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 122 orang. Penarikan  sampel dilakukan dengan teknik Porpusive Sampling, dengan pertimbangan tertentu yaitu 50 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert.

Hasil penelitian ini diperoleh nilai tertinggi 137 poin dan nilai terendah adalah 76 poin. Selanjutnya diperoleh nilai rata-rata hitung (mean) 101. Hasil penelitian ini menunjukan aktifitas bermain peserta didik ditinjau dari aspek psikologis siswa sekolah dasar SDN 09 Teluk Bakung Kecamatan Bayang 86,00% tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-28
How to Cite
Indriani, T., Gusril, G., & Gemaini, A. (2020). AKTIVITAS BERMAIN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TELUK BAKUNG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL STAMINA, 3(9), 708-724. https://doi.org/10.24036/jst.v3i9.608

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.