IDENTIFIKASI SPOT DIVING SEBAGAI OLAHRAGA REKREASI DI KAWASAN MANDEH

  • Ricky Nanda Pratama Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
  • Andri Gemaini Universitas Negeri Padang
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum ada informasi terkait mengenai pengidentifikasian dan pemetaan spot diving di kawasan mandeh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memetakan spot diving sebagai olahraga rekreasi di kawasan mandeh.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memetakan Spot Diving Sebagai Olahraga Rekreasi di Kawasan Mandeh. Teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data/penyajian data, dan mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Kawasan Mandeh memiliki beberapa spot diving yang indah dan memiliki nilai sejarah. Ini dibuktikan dari hasil penelitian yang mana peneliti menemukan lima spot diving di Kawasan Mandeh yaitu Boelongan yang terkenal dengan sejarahnya yaitu MV Boelongan Nederlan yang karam pada tahun 1942, selanjutnya yaitu Batu Buayo yang di identic dengan terumbu karangnya yang indah dan unik berjenis Montipora Aquituberculata yaitu karang yang tipis dan menyerupai tong atau corong, selanjutnya yaitu Marak Batu Akik yang mana terdepat kura-kura dan anemone laut, selanjutnya yaitu Marak Labuan yang memiliki karang jenis Coral Foliose yaitu tipe pertumbuhannya seperti daun dan jamur, selanjutnya  Pagang Dermaga disana terdapat penanaman bibit karang jenis Acropora Digitata dengan media speda dan ditemani dengan gerombolan ikan jenis Scooling Fish yang mana semua spot ini bertujuan untuk olahraga rekreasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-28
How to Cite
Pratama, R., Komaini, A., Gemaini, A., & Alimuddin, A. (2020). IDENTIFIKASI SPOT DIVING SEBAGAI OLAHRAGA REKREASI DI KAWASAN MANDEH. JURNAL STAMINA, 3(9), 696-707. https://doi.org/10.24036/jst.v3i9.607

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.