MODIFIKASI CABANG OLAHRAGA FUTSAL MENJADI FUTSAL MINI THREE ON THREE

  • Syawal Febri Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
  • Andri Gemaini Universitas Negeri Padang

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan yang menjadi landasan dalam penelitian ini pertama yaitu; seringnya terjadi keterbatasan personil pemain dalam melengkapi sebuah tim untuk memainkan futsal, kedua; pemain sulit mengeluarkan skil individu untuk memperlihatkan keahliannya dalam memainkan bola, bahkan pemain juga jarang mendapatkan sentuhan bola sehingga pemain merasa belum maksimal mengolah bola di dalam lapangan permainan dan  katiga;  yaitu keterbatasan prasarana berupa lapangan permainan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengatasi masalah-masalah di atas dengan memodifikasi olahraga futsal menjadi futsal mini three on three.

Dalam jenis penelitian RND (Research and Development) terdapat 10 langkah yang harus dilewati, namun dalam penelitian ini hanya menggunakan enam langkah  yaitu dari potensi masalah, pengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Modifikasi cabang olahraga futsal menjadi furtsal mini three on three  ini divalidasi oleh tiga ahli futsal dan diuji cobakan dengan sampel sebanyak 12 orang.

Berdasarkan hasil penelitian modifikasi cabang olahraga futsal menjadi futsal mini three on three  ini dikategorikan “Sangat Baik/Layak” sebagai sebuah permainan baru bernama futsal mini three on three. Hasil tersebut diperoleh dari tiga ahli futsal, yang mana ahli futsal satu mendapatkan kategori Sangat Baik/Layak  90,37%, ahli futsal dua  Baik/Layak 80%, dan ahli futsal tiga Sangat Baik/Layak 96,29%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini permainan futsal mini three on three sangat layak dan bisa dimainkan oleh segala pihak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-28
How to Cite
Febri, S., Komaini, A., & Gemaini, A. (2020). MODIFIKASI CABANG OLAHRAGA FUTSAL MENJADI FUTSAL MINI THREE ON THREE. JURNAL STAMINA, 3(9), 675-691. https://doi.org/10.24036/jst.v3i9.605

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.