PENGARUH METODE LATIHAN INTERVAL INTENSIF TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA DADA PERENANG PEMULA TIRTA KALUANG PADANG

  • Novadri Ayubi Universitas Negeri Padang
  • Hanif Badri Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini Universitas Negeri Padang
Keywords: Metode Latihan, Interval Intensif, Kecepatan, Renang

Abstract

Sulitnya perenang pemula meningkatkan kecepatan renang 50 meter gaya dada merupakan latar belakang masalah untuk dilakukannya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan Interval Intensif terhadap kecepatan renang 50 meter gaya dada pada perenang pemula Tirta Kaluang Padang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah perenang pemula berjumlah 19 orang (10 orang Putra dan 9 orang Putri). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, yakninya mereka yang menjadi sampel dalam penelitian ini putra saja yang berjumlah 8 orang yaitu mereka yang betul-betul datang pada saat latihan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengambilan data awal (Pre-Test) dan data akhir (Post-Test) Kecepatan renang gaya dada 50 meter. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus statistik yaitu menggunakan teknik analisis t-test. Dari analisis data yang dilakukan didapat hasil uji hipotesis thitung (6,776) > ttabel (2,365) pada taraf signifikansi α = 0,05 pada jumlah sampel 8 orang, jadi disimpulkan Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian metode latihan Interval Internsif terhadap kecepatan renang 50 meter gaya dada pada perenang Pemula Tirta Kaluang Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
Ayubi, N., Badri, H., & Komaini, A. (2019). PENGARUH METODE LATIHAN INTERVAL INTENSIF TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA DADA PERENANG PEMULA TIRTA KALUANG PADANG. JURNAL STAMINA, 2(3), 165-172. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/60

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.