PENGARUH LATIHAN FISIK DAN PEMBERIAN VITAMIN E TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU

  • mesa febriyanti Universitas Negeri Padang
  • Pudia M Indika Universitas Negeri Padang
Keywords: latihan Fisik, Vitamin E, Kapasitas Vital Paru.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya daya tahan aerobik yang mengakibatkan kapasitas vital paru menurun sehingga cepat mengalami kelelahan dan aktivitas latihan fisik yang dilakukan secara tidak terprogram menyebabkan peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh katihan fisik dan pemberian vitamin E terhadap kapasitas vital paru. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian pree-test post-test with control grup. Subyek penelitian berjumlah 10 orang pemain futsal IMR-P. Subyek di beri latihan fisik selama 16 kali pertemuan dan diberi vitamin E 100 IU. Nilai kapasitas vital paru diambil sesudah dan sebelum perlakuan dengan menggunakan spirometer. Hasil penelitian didapat bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Latihan fisik terhadap kapasitas vital paru (thitung  6,147 > ttabel 2,132). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan fisik dengan vitamin E terhadap kapasitas vital paru (thitung  7,628 > ttabel 2,132). 3) Tidak terdapat perbedaan yang sgnifikan pengaruh latihan fisik dengan latihan fisik mengkonsumsi vitamin E terhadap kapasitas vital paru (thitung  0,718> ttabel 2,132).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-23
How to Cite
febriyanti, mesa, & Indika, P. (2019). PENGARUH LATIHAN FISIK DAN PEMBERIAN VITAMIN E TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU. JURNAL STAMINA, 2(3), 36-43. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/59

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.