PENGARUH BERMAIN TANGKAP BOLA TERHADAP KOORDINASI MATA- TANGAN DI RA AL-AZIIZU BUNGO TANJUANG TARATAK TEMPATIH KEC. BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Vanita Amalia Sari Universitas Negeri Padang
  • Wilda Welis Universitas Negeri Padang
  • Fahmil Haris Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kegiatan bermain yang melatih pekembangan koordinasi mata tangan anak, dimana, anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan lempar tangkap bola di RA AL-AZIIZU Bungo Tanjuang Taratak Tempatih Kec. Batang Kpas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Bermain Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata Tangan di RA AL-AZIIZU Bungo Tanjuang Taratak Tempatih Kec. Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Februari – 2 Maret 2019 .

     Populasi penelitian adalah seluruh anak di RA AL-ZIIZU Bungo Tanjuang Taratak Tempatih Kec. Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, teknik pengambilan sampel sesuai dengan karakteristik tertentu. jadi jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan shooting adalah Tes bermain lempar tangkap bola kecil yang bertujuan untuk mengukur koordinasi mata-tangan anak. Data di analisis dengan menggunakan uji t (t-test).

     Hasil analisis menunjukkan bahwa ada Pengaruh Bermain Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata Tangan di RA AL-AZIIZU Bungo Tanjuang Taratak Tempatih Kec. Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dimana   t hitung > t tabel  (18,90 >1,72), dengan skor rata-rata pre-test (5,80) dan post-test (13,55).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-31
How to Cite
Sari, V., Welis, W., & Haris, F. (2020). PENGARUH BERMAIN TANGKAP BOLA TERHADAP KOORDINASI MATA- TANGAN DI RA AL-AZIIZU BUNGO TANJUANG TARATAK TEMPATIH KEC. BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL STAMINA, 3(7), 603-611. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/587

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.