UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA

  • Ilham Aulia Qur'anil Fikry universitas negeri padang
  • Pudia M Indika universitas negeri padang

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mengetahui upaya-upaya meningkatkan motivasi kegiatan ekstrakurikuler olahraga bagi siswa SMP. Dalam beberapa artikel, kondisi ini didukung dengan banyaknya kompetisi dan kejuaraan antar sekolah dibidang olahraga, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat nasional. Potensi dari kompetisi membuat keberadaan ekstrakurikuler disekolah sebagai tempat atlet pelajar menjadi sangat sentral dan harus dikelola dengan baik, terarah serta berkesinambungan sebagai dasar pembinaan olahraga pelajar. Dari kajian literatur, peneliti mengambil studi kasus dari penelitian Hidayat dan Hambali (2019) tentang peran kegiatan ekstrakurikuler olahraga meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajran penjas di SMPN 7 Kota Cimahi. Kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang diterapkan adalah futsal, sepak bola, bola basket, dan bola voli. Hasil penelitian dari studi kasus menunjukan bahwa peran kegiatan ekstrakurikuler olahraga meningkatkan motivasi siswa mengikuti pembelajaran penjas yaitu sebesar 86,5%, kategori sangat tinggi. Berdasarkan penelitian Nanti Sri (2015), ada tujuh langkah meningkatkan motivasi siswa SMP mengikuti ekstrakurikuler olahraga, yaitu: menyusun program kerja serta jadwal kegiatan ekstrakurikuler; jenis olahraga disesuaikan dengan minat dan bakat siswa; peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga fokus pada satu cabang olahraga; kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan program dan jadwal kegiatan yang telah disusun; kepala sekolah memberikan kewenangan kepada pembina untuk memanajemen kegiatan; pihak sekolah menyediakan dana; penyediaan sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Fikry, I. A., & Indika, P. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA. JURNAL STAMINA, 3(6), 527-543. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/527

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.