PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA

  • Rahayu Dewi universitas negeri padang
  • Muhamad Sazeli Rifki universitas negeri padang

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam aerobik terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa.  Mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) merupakan pembelajaran yang memberikan pemahaman dan pendidikan kepada peserta didik mengenai gerakan jasmani besertakan faktor kesehatan yang mempengaruhinya. Siswa diajarkan keterampilan berolahraga serta diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan. Melalui olahraga terciptalah peserta didik yang sadar akan pentingnya menjaga kebugaran jasmani dengan cara berolahraga teratur dan menjaga kesehatan. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk dapat mewujudkan kebugaran jasmani yaitu melakukan senam aerobik secara rutin. Senam aerobik secara rutin diharapkan akan dapat menolong peserta didik  dalam meningkatkan kebugaran jasmani lewat perkenalan  dan pengembangan sikap positif serta memahami kemampuan gerak yang dimilikinya. Senam aerobik yang dilakukan secara rutin diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Senam aerobik salah satunya dapat meningkatkan kebugaran jasmani bagi tubuh dengan intensitas latihan 60% - 80%  dan waktu yang diperlukan  bekisar antara 45- 60 menit. Senam aerobik ialah suatu kegiatan olahraga yang dapat memberi banyak manfaat terhadap tumbuh kembang anak. Manfaat senam aerobik tidak hanya dapat  meningkatkan kebugaran jasmani akan tetapi juga membuat kondisi tubuh lebih sehat. Sehingga peserta didik bisa melakukan kegiatan belajar dan bermain tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Adanya pengaruh dari perlakuan latihan senam aerobik terhadap kebugaran jasmani menimbulkan pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Dewi, R., & Rifki, M. (2020). PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA. JURNAL STAMINA, 3(6), 398-416. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/516

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.