STUDI PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI WISATA MINAT KHUSUS DI DESA WISATA KUBU GADANG KOTA PADANG PANJANG

  • Fajar Fajrila universitas negeri padang
  • Endang Sepdanius universitas negeri padang

Abstract

yang dijadikan obyek wisata utama desa wisata Kubu Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan permainan masyarakat Kubu Gadang dalam peran obyek utama wisata yang ada di Desa Wisata Kubu Gadang. Sehingga hasil penelitian ini menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan dan promosi Desa Wisata Kubu Gadang yang lebih baik lagi kedepanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi,  wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian  ini adalah Ketua Podarwis Desa Wisata Kubu Gadang, Kasi Permitraan dan Pemasaran Dinas Parwisata Kota Padang Panjang, pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, dan masyarakat Kubu Gadang. Teknik analisis data yang digunakan  adalah  teknik  analisis data kualitatif  yang  mencakup  tiga  kegiatan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa: Permainan tradisional masyarakat Kubu Gadang sangat efektif mendatangkan wisatawan luar dan dalam nageri untuk menikmati permainan tradisional di Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Fajrila, F., & Sepdanius, E. (2020). STUDI PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI WISATA MINAT KHUSUS DI DESA WISATA KUBU GADANG KOTA PADANG PANJANG. JURNAL STAMINA, 3(6), 360-370. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/513

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.