ANALISIS FAKTOR RESIKO CEDERA ATLET DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA

  • Eka Prima Maldi universitas negeri padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang

Abstract

Atlet sebagai pelaku dari kegiatan olahraga tidak akan terlepas dari kemungkinan mengalami cedera. Beberapa faktor penyebab terjadinya cedera yaitu dari internal violence atau yang terjadi akibat diri atlet itu sendiri dan eksternal violence atau penyebab dari luar seperti sarana prasarana. Sarana dan prasarana yang tidak memenuhi standar bisa menjadi penyebab terjadinya cedera pada atlet. Hal ini apabila dibiarkan begitu saja tanpa adanya penangan lanjut, dikhawatirkan dapat mempengaruhi prestasi atlet tersebut. Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaimana resiko cedera pada atlet ditinjau dari sarana dan prasarana. Untuk membuat artikel ini penulis mengumpulkan dan menelaah 15 artikel dalam dan luar negeri terkait dengan cedera pada atlet terkait dengan sarana dan prasarana olahraga Hasil tinjauan dari beberapa jurnal tersebut adalah ada pengaruh sarana dan prasarana sebagai salah satu penyebab terjadinya cedera olahraga, yang juga bisa menjadi penentu baik buruknya prestasi atlet. Dengan adanya artikel ini diharapkan bisa menjadi sebuah masukan terhadap pihak terkait, sehingga bisa memfasilitasi sarana dan prasarana olahraga yang lebih baik dan memperkecil kemungkinan terjadinya cedera pada atlet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
How to Cite
Maldi, E., & Komaini, A. (2020). ANALISIS FAKTOR RESIKO CEDERA ATLET DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA. JURNAL STAMINA, 3(6), 354-359. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/512

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.