TINJAUAN TEKNIK DASAR PADA ATLET BOLABASKET KLUB BATAVIA KOTA PADANG

  • Yulham Hidayat universitas negeri padang
  • Windo Wiria Dinata universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya teknik dasar atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang yang meliputi passing, dribbling dan shooting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik dasar Atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang yang berkenaan dengan passing, dribbling dan shooting.

Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang yang ikut dan masih aktif menjalani latihan yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Maka sampel dalam penelitian ini yaitu atlet Klub Batavia Kota Padang yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 15 Putra dan 15 Putri. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengukur teknik dasar atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang meliputi passing diukur dengan tes melempar dan menangkap bola, dribbling diukur dengan tes menggiring bola, dan shooting diukur dengan tes memasukkan bola kekeranjang basket. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ; “Rata-rata teknik dasar bola basket yang dimiliki Atlet Putra dan Putri Klub Batavia Kota Padang yang terdiri dari passing, dribbling dan shooting dikategorikan “cukup” dengan nilai : 1) Untuk atlet Putra, pada kategori “baik” terdapat 5 orang (33%), pada kategori “cukup” terdapat terdapat 6 orang (40%) pada kategori kurang terdapat terdapat 4 orang (27%) dan tidak ada pada kategori sangat baik dan sangat kurang, 2) Untuk atlet Putri, pada kategori “sangat baik” terdapat 1 orang (7%), pada kategori “baik” terdapat 4 orang (27%), pada kategori “cukup” terdapat 4 orang (27%), pada kategori kurang terdapat 6 orang (40%) dan tidak ada pada kategori sangat kurang.”

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafirman. (2008). Pembentukan kondisi Fisik. Malang. Wineka Media.

________. (2010). Fisiologi Olahraga. Padang: FIK UNP

Dinata, Windo Wiria (2019). Pengaruh Latihan Medicine Ball dan Koordinasi terhadap Kemampuan Passing Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket.Jurnal Sporta Saintika. Vol:4, No.1

Fardi, Adnan. (1999). Bola Basket Dasar. Padang. FIK UNP

Hartyani, Zollt. (2006). Bola basket untuk semua. Jakarta. FIBA..

Syafruddin. (2012). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: FIK UNP

________. (2013). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia No.3 (2005). Sistem Keolahragaan Nasional. Bandung: Citra Umhara
Published
2020-06-17
How to Cite
Hidayat, Y., & Dinata, W. (2020). TINJAUAN TEKNIK DASAR PADA ATLET BOLABASKET KLUB BATAVIA KOTA PADANG. JURNAL STAMINA, 3(6), 335-342. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/509

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.